Selasa, 07 Juli 2009

Biography Jacko

Michael Joseph Jackson (yang dikenal dengan nama panggilan Jacko) lahir di Gary, Indiana, Amerika Serikat, 29 Agustus 1958 – wafat di Los Angeles, AS, 25 Juni 2009 dalam usia 50 tahun, adalah penyanyi dan penulis lagu dari Amerika Serikat. Ia terkenal sebagai Raja Pop / King of Pop dan mempopulerkan gerakan dansa “moonwalk” (berjalan di bulan) yang telah menjadi ciri khasnya. Dia juga menciptakan tarian khusus lagu-lagunya karena dia dikenal sebagai koreografer handal. Dalam aksi panggungnya, dia selalu berpenampilan energik dan dengan gaya khas. Bahkan dia rela melakukan operasi plastik demi penampilan tersebut.


Pada pagi hari tanggal 25 Juni 2009, Jackson dilaporkan jatuh tak sadarkan diri di rumah sewanya di Holmby Hills, Los Angeles, AS. Setelah roboh, dokter pribadinya yang waktu itu bersama dengannya, berusaha untuk menyadarkannya kembali. Paramedis dari Los Angeles Fire Deparment yang menerima panggilan melalui no. 911 pada jam 12.21 p.m. (waktu setempat/Pasifik) datang ke tempat Jakcson 9 menit kemudian.


Jackson di laporkan tidak bernafas dan tindakan CPR (cardiopulmonary resuscitation = melakukan pernafasan buatan atau tindakan penekanan dada untuk menghidupkan kembali kerja jantung) segera dilakukan. Tindakan CPR tetap dilakukan selama perjalanan membawa Jackson dari rumahnya sampai tiba di rumah sakit UCLA Medical Center jam 1.14 p.m. Jackson koma dan meninggal dunia tak lama kemudian setelah dilarikan ke rumah sakit tersebut. Kematian Jackson diumumkan sekitar jam 2.26 p.m. waktu setempat. Penyebab kematian Jackson dilaporkan karena gagal jantung (cardiac arrest).


Untuk kepentingan otopsi dan untuk memperoleh surat kematian, jenazah Jackson dibawa dari rumah sakit UCLA ke rumah sakit jantung LA Coroner dengan menggunakan pesawat helikopter, dan pada hari Jumat tanggal 26 Juni 2009 diotopsi.


Sebelum kematiannya, Jackson telah dijadwalkan untuk melakukan 50 kali konser yang tiketnya telah terjual habis kepada lebih 1 juta calon penonton yang akan diselenggarakan di arena Q2, London, mulai 13 Juli 2009 hingga 6 Maret 2010.


Prestasi Michael Jackson


Ia mulai karir bernyanyi pada usia 5 tahun sebagai anggota kelompok vokal keluarga Jackson (kelak menjadi The Jackson 5) sebelum meluncurkan album solo pertamanya Got to Be There pada tahun 1971. Anak ke-7 dari keluarga Jackson, dia membuat debut di musik professional pada umur 11 tahun sebagai anggota dari Jackson 5.

pic :


Albumnya yang dirilis pada tahun 1982, Thriller, adalah album terlaris di dunia, dengan penjualan melebihi 104 juta kopi di seluruh dunia.


Pada awal tahun 1980-an, dia menjadi figur yang sangat dominan dalam musik pop and musisi Afrika-Amerika pertama yang mempunyai crossover kuat di MTV. Popularitas dalam musiknya menanjak saat ditayangkan di MTV, antara lain “Beat It“, “Billie Jean” dan “Thriller” dianggap telah mengubah video klip menjadi sebuah bentuk karya seni dan sebagai alat promosi untuk mempopulerkan sebuah channel TV. Video-video seperti “Black or White” dan “Scream” membuat Jackson menjadi andalan utama MTV pada tahun 1990-an. Lewat penampilan panggung dan video-video klipnya, Jackson mempopulerkan sejumlah teknik menari seperti robot dan moonwalk. Suara dan gaya vocal Jackson mempengaruhi dan diikuti oleh banyak penyanyi hip hop, pop dan R&B.


Penghargaan-penghargaan yang telah dia raih termasuk beberapa kali Guinness World Records – termasuk Thriller sebagai album terlaris di dunia – 13 Grammy Awards, 13 buah single nomor 1 dalam solo karirnya dari musisi pria lainnya dalam Hot 100 era – dan penjualan 750 juta unit di seluruh dunia.


Hidup Jackson sangat terkenal di seluruh dunia, didampingi dengan karirnya yang sangat sukses, membuatnya menjadi bagian dari kebudayaan pop selama 4 dekade. Dalam beberapa tahun dia sering disebut – sebut sebagai salah satu pria paling terkenal di dunia. Total penghasilan selama hidupnya yang diperoleh dari royalti rekaman solo, video musiknya serta hasil konser dan sumbangan, diperkirakan jumlahnya mencapai lebih dari 500 juta dollar AS (sekitar 5 triliun rupiah).


Perkimpoian Michael Jackson


Pada tahun 1994 Jackson menikah dengan Lisa Marie Presley, puteri penyanyi rock ‘’n roll Elvis Presley. Mereka melangsungkan pernikahannya secara rahasia di Republik Dominika. Tak sampai 2 tahun setelah perkimpoiannya, akhirnya pada tahun 1996 mereka bercerai tanpa membuahkan anak .


Beberapa bulan setelah perceraiannya pada tahun 1996, Jackson menikah lagi dengan Deborah Rowe. Pernikahannya ini juga kandas pada tahun 1999 dengan menghasilkan 2 orang anak bernama Prince Michael I (sekarang ini usia 12 tahun) dan Paris Katherine (sekarang ini usia 10 tahun). Rowe memegang semua hak asuh untuk kedua anak mereka.


Jakcson memiliki anak ke 3 (perempuan) yang terlahir dari sumbangan sperma Michael Jackson terhadap seorang perempuan yang tak ia kenal dan sangat dirahasiakan identitasnya. Anak ke 3 ini bernama Prince Michael II, lahir tahun 2002 (sekarang ini usia 7 tahun). Awalnya Jackson sempat menyembunyikan identitas Prince Michael II. Bahkan sekitar tahun 2003, ia mengenalkan anak bungsunya itu dengan cara tak lazim. Ia mengayun-ayunkan putrinya yang belum genap berusia 1 tahun dari atas balkon dengan kepala tertutup sarung putih. Aksi Jackson kala itu mengundang kritik keras sejumlah kalangan.

jacko waktu masih muda dan belum dioperasi nih :



sesudah dioperasi :









michael jackson waktu sama istri pertamanya Lisa Marie Presley :



Michael Jackson bersama isteri keduanya, Deborah Rowe, berfoto setelah upacara pernikahan mereka tahun 1996 :



Dua anak Jackson, hasil perkimpoianan dengan isteri kedua (Rowe), Prince Michael I (laki-laki) dan Paris Katherine (perempuan) :





nahhhh ini dia...gambar panggung untuk show yang udah direncanain sama beliau..





Tiket konsert Michael Jackson di arena Q2, London, yang rencananya di mulai 13 Juli 2009 hingga 6 Maret 2010. Dijual dengan harga 375 – 500 Pound Sterling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar