Senin, 29 Juni 2009

cerita di balik karya terbaik

mungkin kalian udah pernah liat foto ini


tapi tau ga kisahnya?
mungkin abis ngeliat foto ini banyak yg nanya (aku sendiri juga nanya) napa si fotografer ga membantu si anak kecil dalam foto itu.

ini dia ceritanya


Di foto tersebut menceritakan seorang anak korban konflik di Suddan sekitar tahun 1993, sedang merangkak menuju ke Tempat penampungan pengungsi milik PBB, yg berjarak 1 km, dng diikuti oleh burung pemakan bangkai di belakangnya menunngu untuk memangsa bangkai anak tersebut.

Cerita tragisnya adalah tidak ada seorang pun tahu nasib anak di photo tersebut, termasuk photografer yg mengambil photo tersebut, yang segera pergi setelah photo itu diambil, mengingat di daerah tersebut terdapat konflik bersenjata yg membahayakan jiwa sang photografer tersebut.

3 bulan setelah photo tersebut di published, si photografer tersebut akhirnya diketahui, setelah dia melakukan interview, & photo tersebut akhirnya diterbitkan di koran The New York Times pada tangal 26 Maret 1993.

Sang photografer tersebut adalah Kevin Carter.

Kevin Carter adalah photografer senior yg berasal dr Johanesburg, Afrika Selatan. Dia ngaku terpaksa ninggalin anak tersebut, karena waktu itu dia telah mendapatkan larangan utk menyentuh para pengungsi tersebut, dikarenakan, mereka di khawatir kan membawa penyakit berbahaya.

Pada tgl 2 April 1994 akhirnya Kevin Carter dapat penghargaan tertinggi, Pulitzer untuk Feature Photograpy utk karya-nya ini. ga lama abis dia dapat penghargaan ini, dia mendapatkan banyak kecaman, dikarenakan dia tidak berusaha membantu anak ini.

Seminggu setelah dia mendapatkan penghargaan itu, dia akhirnya bunuh diri, karea rasa bersalah yang dalam banget, yang "menghantuinya"

hmmmmm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar