Sabtu, 31 Maret 2012

Masalah Sosial

Kliping Artikel mengenai Masalah Sosial

Tugas Akhir Mata Kuliah Pengantar Sosiologi

Pada dasarnya, masalah sosial timbul dari kekurangan-kekurangan dalam diri atau kelompok social yang bersumber pada faktor-faktor ekonomis, biologis, biopsikologis, dan kebudayaan. Setiap masyarakat mempunyai adat istiadat dan norma yang bersangkut paut dengan kesejahteraan kebendaan, kesehatan fisik, kesehatan mental, serta penyesuaian diri individu atau kelompok social. Adanya penyimpangan-penyimpangan terhadap norma tersebut merupakan gejala abnormal yang merupakan masalah social. Pengelompokan masalah sosial berdasarkan sumber-sumbernya, yaitu : ekonomis, biologis, biopsikologis, kebudayaan, klasifikasi yang berbeda mengadakan penggolongan atas dasar kepincangan-kepincangan dalam warisan fisik, warisan biologis, warisan sososial, dan kebijaksanaan social. Klasifikasi ini lebih luas ruang lingkupnyua daripada klasifikasi terdahulu.

Untuk menentukan apakah suatu masalah merupakan suatu masalah sosial atau bukan ada beberapa ukuran yang digunakan sebagai patokan :

1. kriteria utama suatu masalah sosial, tidak adanya persesuaian antara ukuran-ukuran dan nilai-nilai sosial dengan kenyataan serta tindakan sosial. Artinya ada kepincangan-kepincangan antara anggapan-anggapan tentang apa yang seharusnya terjadi dalam kenyataan pergaulan hidup.

2. Sumber-sumber masalah sosial

Mengenai sumber ini tidaklah diartikan secara, sempit, bahwa sumbernya haruslah bersifat sosial dapat pula menjadi penyebab terjadinya masalah sosial. Yang pokok adalah bahwa akibat dari gejala-gejala tersebut, baik berupa gejala sosial, maupun gejala sosial, menyebabkan masalah sosial. Sebagai contoh kemiskinan sebagai masalah sosial dapat terjadi karena bencana alam, dan hal-hal lain yang bukan bersifat sosial.

3. Pihak-pihak yang menetapkan apakah suatu kepincangan merupakan masalah sosial: sikap masyarakat itu sendiri yang menentukan apakah suatu gejala merupakan suatu masalah sosial

4. Manifest social problem, merupakan masalah sosial yang timbul sebagai akibat terjadinya kepincangan-kepincangan dalam masyarakat. Kepincangan terjadi karena adanya ketidak sesuaian antara tindakan dengan norma-norma atau nilai-nilai yang ada dalam masyarakat

5. Latent social problems merupakan masalah sosial yang diakibatkan karena terjadinya ketidak sesuaian antara tindakan dengan norma-norma yang dianut masyarakat, namun masyarakat sendiri tidak mengakui demikian halnya.

Berdasarkan teori-teori mengenai permasalahan sosial yang disebutkan di atas, ada 5 artikel disertakan di dalam pembuatan tugas ini, dengan melihat pengertian mengenai masalah sosial yaitu suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial atau menghambat terpenuhinya keinginan-keinginan pokok warga kelompok sosial tersebut, sehingga menyebabkan kepincangan ikatan sosial, maka dapat kita lihat dari kelima artikel ini, telah memenuhi pengertian dari masalah sosial. Dalam artikel mengenai Bunuh Diri, Christmas is not your Birthday, serta penyimpangan seksual berupa pedofilia dari para remaja dan orang dewasa merupakan permasalahan sosial yang timbul dari adanya pergeseran dan penolakan terhadap norma-norma yang telah ada di kehidupan bermasyarakat. Demikian pula dalam artikel “Pelanggaran Berat HAM di Mesuji” terdapat ketidaksesuaian dengan unsure-unsur kebudayaan yang membahayakan kehidupan kelompok sosial, seperti kasus meji terdapat kekerasan di dalamnya yang melanggar kebudayaan di dalam masyarakat. Karena kekerasan bukanlah sesuatu kebudayaan di dalam masyarakat kita. Dengan kekerasan yang menyebabkan kerusuhan ini telah mencederai kehidupan kelompok sosial, karena dengan kekerasan ini menyebabkan suasana diantara kelompok sosial menjadi mencekam dan tidak kondusif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar